Artikel

Perawatan Mobil, Jarak Tempuh Atau Waktu Sebagai Acuan?

Kesimpulan perawaran mobil

Perawatan mobil jarak tempuh atau waktu sebagai acuannya ?

Pemilik kendaraan terkadang merasa terjadi polemik di antara kedua hal ketika perawatan mobil mereka. Hal ini tidak akan terjadi pada kendaraan yang baru saja dibeli. Mobil baru masih bisa di awasi pemakaiannya karena memang belum terhitung jangka waktu panjang dan jarak tempuhnya.

Baca juga : 

Hal ini bertolak belakang dengan jika kita membeli mobil second yang pemakaiannya tidak bisa diketahui oleh kita. Sejauh mana dia melakukan perjalanan, dan atau selama apa dia terjebak macet di jalan?

Sebagai dasar dari kepemilikan kendaraan. tentunya salah satu faktor penting adalah menunjang aktifitas di luar ruangan yang mengharuskan melakukan mobilisasi yang cukup tinggi.

Pada saat melakukan mobilisasi untuk menuju ke tempat tertentu. Pasti akan sangat mengganggu jika ada hal-hal yang tidak terbawa dalam schedule, seperti mogok kendaraan. Entah karena kurangnya perawatan mobil atau memang ada masalah yang tidak terdeteksi di mobil tersebut.

Padahal, ketika kamu melakukan servis mobil. Sudah dipastikan tidak ada masalah. Kamu selalu mendapatkan performa terbaik dari mobil yang kamu gunakan. Namun faktanya masih terjadi mogok mobil yang cukup menjengkelkan dan membuang waktu, tenaga, dan biaya.

Lalu apa saja hal yang bisa menghindari hal-hal yang ada di atas tadi. Secara harfiah kita tentunya tau untuk selalu melakukan perawatan mobil serta memelihara kendaraan yang kita gunakan sehari-hari. Karena itu adalah kendaraan yang membawa dan kita jadikan salah satu andalan.

Selain pengecekan komponen. Melakukan perawatan mobil secara berkala juga wajib dilakukan. Untuk itu otobit memiliki beberapa tips untuk biters yang memiliki kendala yang sama seperti di artikel berikut.

Tips Perawatan Mobil Berkala

Gunakanlah Sparepart (Suku cadang) Original Bawaan Dari Kendaraanmu

Kadang untuk menghemat biaya. Kita sering mengganti sparepart yang setara atau mungkin di klaim lebih baik dari produk originalnya, pasalnya jika ada klaim seperti itu di anggap berlebihan.

Untuk part original biasanya sudah melewati beberapa tahap dan beberapa proses pengetesan di unit yang sama. Bisa dipastikan tidak akan mengurangi/menambah secara signifikan performa dari kendaraan kamu.

Dengan performa yang stabil, maka kendaraan pun akan memiliki umur yang cukup panjang.

Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai Dengan Kebutuhan mesin.

Perawatan mobil oktan

Lagi lagi dengan alasan bisa memangkas sedikit biaya kebutuhan dasar kendaraan kamu yang menjadi korban. Usahakan gunakan selalu bahan bakar dengan oktan yang sesuai. Karena produsen mobil tersebut sudah menganjurkan untuk menggunakan oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

Menggunakan oktan yang lebih rendah bisa membuat kinerja mesin tidak optimal. Efeknya karena tidak bisa menahan kompresi mesin yang cukup tinggi sehingga membuat umur komponen akan semakin memendek. Mengakibatkan mesin menjadi cepat lebih kotor akibat dari pembakaran yang sangat tidak sesuai.

Mengganti Ban Secara Berkala

servis mobil mengganti ban

Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting selain mesin itu sendiri. Keberadaan ban bisa di asumsikan sama pentingnya dengan mesin. Cobalah di tengok di beberapa jalan utama ada berapa banyak toko yang menjual ban. Jelas bahwa ban adalah komponen yang di perhitungkan karena kepentingannya.

Mengganti ban secara berkala atau menjaga ban agar tetap dalam kondisi selalu baik. Ban juga mempengaruhi kondisi keselamatan saat berkendara, mengganti ban secara berkala jangan pernah menggunakan ban vulkanisir. Karena hanya akan membahayakan. Gunakan ban yang di keluarkan oleh bengkel resmi maupun produk resmi agar mutu lebih terjamin, membuat keselamatan kita menjadi lebih terjaga.

Service Perawatan Mobil

Servis rutin

Ketika membeli kendaraan baru, kita akan mendapatkan jadwal servis rutin dan antara ketentuan tersebut ada 2 buah ketentuan yang pertama adalah 10.000 km pertama atau 6 bulan, tergantung mana yang lebih cepat sampai.

Kondisi tersebut mengasumsikan jika perawatan bukan hanya melulu dari jarak tempuh. Karena saat ini jalan sudah tidak dapat di prediksi terlebih kota besar seperti Jakarta. Setiap pagi hari dan sore hari selalu macet yang tak kunjung usai. Maka dari itu acuan untuk melakukan perawatan bukan hanya dari tinjauan odometer saja tapi juga berdasarkan waktu pemakaian.

Bagaimana Jika Sedang WFH dan Mobil Tidak Terpakai ?

Perawatan mobil saat wfh

Saat kendaraan tidak digunakan. Terjadi proses oksidasi dari uap air yang ada di sekitar mobil, Cepat atau lambat air akan bercampur dengan oli mesin yang dapat merusak senyawa kimir yang ada di oli mesin.
Termasuk juga akan bercampur denga minyak rem, minyak kopling dan minyak oli transmisi, sehingga komponen mesin yang tidak bergerak akan menjadi lebih rentan di hinggapi karat akibat proses oksidasi karena tidak pernah mendapatkan pelumasan dari oli baru, jadi bukan karena tidak di kendarai mobilnya maka tidak perlu servis, itu adalah anggapan yang salah.

Kesimpulan

Kesimpulan perawatan mobil

Pointnya adalah perawatan mobil seraca rutin itu penting. Demi menjaga performa yang stabil dari kendaraan, Meski hanya diam. Kendaraan tetap harus diberikan perawatan minimal di ganti oli agar tidak terjadi karat. Jangan terpaku pada jarak tempuh tapi juga pada waktu terakhir melakukan servis rutin agar lebih mudah di monitor kendaraan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.